26 Juni 2013
HEADLINE MOBIL

Indonesia International Motor Show 2013, 19 - 29 September


Tepat tiga bulan ke depan, pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 kembali digelar di JIExpo Kemayoran. Panitia menggunakan waktu beberapa bulan yang masih tersisa untuk terus menggodok persiapan untuk memaksimalkan IIMS yang tahun ini memasuki usia penyelengaraan yang ke 21 kali.

Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2013 mengungkapkan bahwa pertumbuhan penjualan dan produksi kendaraan bermotor Indonesia tahun lalu yang mencapai lebih dari 1,1 juta unit menjadikan APM (Agen Pemegang Merk) semakin positif dan optimis pada pertumbuhan pasar di tahun ini. "IIMS merupakan pameran otomotif terbesar di Indonesia yang dijadikan acuan perkembangan industri ini, baik oleh pelaku industri, masyarakat umum, serta dunia internasional. IIMS saat ini semakin bersemangat memantapkan posisinya sebagai pameran mobil terbesar di Asia Tenggara, dan ini merupakan satu kebanggaan dan kepercayaan yang harus kita jaga," jelas Johnny.

Menurut Johnny Darmawan, melalui IIMS Gaikindo, tidak hanya mendorong APM anggotanya untuk terus mengembangkan pasar industri otomotif di Indonesia, namun juga membuka jalan bagi pengembangan sub sektor-industri lokal, yang berfungsi sebagai pemasok komponen untuk produsen. Disamping berkembangnya industri komponen, akan tumbuh juga bisnis pendukung yang lain seperti bengkel kendaraan bermotor, bisnis suku cadang, serta pemasok kebutuhan lain yang berhubungan dengan industri otomotif. Dimana perkembangan industri pendukung juga akan memberikan pengaruh terhadap industri otomotif Indonesia secara keseluruhan menuju industry otomotif yang semakin ramah lingkungan.

Makin berkembangnya industri pendukung otomotif Indonesia juga berimbas ke pelaksanaan IIMS 2013, sebagai pameran yang berskala internasional dan terbesar di tanah air, pesona IIMS tak pernah hentinya menarik APM dan industri pendukung untuk berpartisipasi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri mengingat semakin lama kebutuhan lahan pameran semakin bertambah, begitu pula pada IIMS 2013 ini. Untuk menyiasati kondisi tersebut, panitia penyelenggara terus mengupayakan berbagai solusi untuk bisa mengakomodir kebutuhan pesertanya.

Semi-Permanent Hall Sebagai Solusi
Abiyoso Wietono, Manajer Divisi Otomotif Dyandra Promosindo menjelaskan bahwa tahun ini area JIExpo Kemayoran akan kembali disulap menjadi area pameran spektakuler. Tahun lalu, IIMS menggunakan lahan lebih dari 70.000 m2 dan tahun ini kembali meluas menjadi 75.000 m2. "Panitia akan menambahkan satu area semi-permanent hall menjadi total 5 area semi-permanent hall yang diperuntukkan khusus untuk industri pendukung otomotif Indonesia," ungkapnya seraya menambahkan bahwa semi-permanent hall IIMS 2013 akan kembali menggunakan tenda arkum, yang merupakan jenis tenda terbesar di dunia. "Kami berharap, upaya memperluas area pameran ini akan memberikan nilai lebih untuk IIMS 2013 baik bagi peserta dan pengunjung nantinya," imbuh Abiyoso.

Area semi-permanent hall akan diperluas menjadi 10.200 m2 yang terbagi atas 5 bagian, dengan menggunakan dua tenda arkum berukuran masing-masing 3.000 m2, serta tiga tenda Losberger berukuran masing-masing 1.400 m2. Dengan total area lebih dari 10.000 m2, arena semi permanent ini akan mengakomodir stand dari industri pendukung yang semakin meluas. "Salah satu area yang bertambah besar adalah area Car Audio yang pada IIMS 2013 akan menempati area seluas 755 m2, dimana tahun lalu hanya menggunakan area sebesar 428 m2," kata Abiyoso lagi.

Untuk memudahkan pengunjung keluar masuk area semi permanent ini, akan terdapat 9 pintu keluar masuk utama dengan 8 pintu penghubung yang menyambungkan dari satu tenda ke tenda lainnya. Selain itu akan terdapat juga penambahan satu area pintu drop off baru, bagi pengunjung yang masuk ke area pameran dari pintu 2 JIExpo memiliki akses langsung ke area pameran semi-permanent hall.

"Semua penambahan area maupun inovasi dalam hal tata letak pameran kali ini kami harapkan bisa mengakomodir kebutuhan para industri pendukung yang semakin besar. Kami juga berharap masyarakat akan semakin nyaman menikmati pameran IIMS 2013 khususnya pada area industri pendukung," ujar Abiyoso menutup pembicaraan.




viewed :: 1579
Berita Terkait Lainnya :