14 September 2017
SHOWROOM MOTOR

Modif Honda CB450T, Custom Nano-Nano


Beberapa modifikator dunia mulai menggabungkan part moge modern untuk mendukung tampilan motor custom bergaya ala Cafe racer. Tak ubahnya dengan tongkrongan klasik Honda CB450T Hawk lansiran 1982 ini.

Modifikasi hasil karya bengkel ternama di luar negeri ini mencoba menggabungkan dua perwakilan era yang berbeda, motor klasik dengan part motor modern. Classified Moto adalah nama bengkel dibalik karya inovatif ini.

Honda CB450T Hawk yang memadukan antara aliran Cafe racer dan Brat tracker dengan part motor moder ini mampu tersaji dengan apik. Percampuran beberapa 'rasa' aliran custom alias 'nano-nano' (banyak rasa) memberikan kesan yang unik.

Sebenarnya kedua aliran ini memiliki banyak persamaan, namun ada beberapa kalangan yang membedakannya dari posisi stang setir hampir sejajar dengan jok dan khusus jalanan aspal untuk Cafe racer, sehingga posisi pengendara akan cenderung membungkuk.

Sedangkan untuk Brat tracker lebih mengkhususkan trek yang bervariatif - bisa aspal dan juga sedikit bertekstur - sehingga ciri khasnya terletak pada penggunaan motif ban yang lebih renggang khas medan off-road dan juga posisi stang setir normal seperti kebanyakan motor biasa.

Kembali pada ubahan yang terjadi pada CB450T Hawk ini, untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan, modifikator seperti biasa memangkas rangka dari tengah-belakang guna membuat bodywork dan jok ulang. Jok dia buat dari papan skateboard untuk rangkanya.

Kemudian untuk sektor kaki-kaki, mulai dari fork depan-perangkat rem-velg dia menggunakan part bawaan moge superbike Kawasaki ZX6R tahun 2005 di mana untuk segitiga penyangganya merupakan custom dari bahan aluminium.

Untuk sektor kaki belakang sang modifikator mempercayakan swing arm bawaan motor dan hanya menggantikan suspensinya saja yang bermerkProgressive Series 12. Kemudian, velg belakang tetap menggunakan bawaan CB450T, dan untuk kedua bannya (depan-belakang) dipilih menggunakan bertapak besar dan bermotif kasar (ala motor lumpur).

Bodywork, untuk tangki mengadopsi part asli milk Honda CB350 dan melapisi sekujur body-nya menggunakan nikel dengan dua kombinasi warna candy black stripe serta mempermanisnya dengan badging berbahan tembaga.

Kemudian untuk sektor mesin, hanya perlu dipoles ulang ulang dan mengkombinasikannya dengan semburan cat warna hitam serta beberapa panel dilapisi krom. Sistem knalpot sederhana dengan konfigurasi 2-into 1 berpadu serasi dengan penggunaan silincer berbentuk sederhana khas aliran Cafe racer.     [w33]


viewed :: 17601
Berita Terkait Lainnya :