24 Oktober 2014
CLUB MOBIL

Indonesia Starlet Club


Pada 22 Februari 1995, di Jakarta, para pengguna dan pecinta mobil Toyota Starlet bersepakat untuk mendirikan organisasi yang akan menjadi wadah bagi kemunitas mereka. Dan organisasi itu, kemudian mereka beri nama Indonesian Starlet Club (ISC). Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan itu, maka club ini lantas mendirikan cabang-cabang di beberapa wilayah di Indonesia seperti, Bandung, Cirebon, Garut, Tasik, Semarang, Malang, Jogja, Surabaya, Sidoarjo, Lampung, Palembang, Padang, Pontianak, Makassar, Balikpapan, Manado dan Bali.

Dengan tersebarnya cabang ISC di beberapa propinsi, yang terbilang banyak ini, maka Pengurus Pusat ISC yang berkedudukan di Bandung ini membentuk tim khusus yang tugasnya memaintain cabang ISC di seluruh Indonesia.

ISC ini juga sering mengadakan perjalanan/touring ke berbagai daerah, antara lain ke Anyer, Jogja, dan juga touring wisata ke Bali. Touring ini memang tidak rutin waktu penyelenggaraannya. Karena tergantung dari kesiapan para anggota. Sebab untuk perjalanan itu, perlu juga dipikirkan dengan kesiapan mobil, logistik dan hal lainnya. Namun jika anggota siap, kapanpun mereka akan melakukan touring, jadi tidak terjadwalkan kapan.

Selain melakukan perjalanan, ISC juga kerap melakukan kegiatan bakti sosial. Pada 1997, ISC mengadakan sunatan massal di Anyer. Waktu itu, ada sekitar 20 mobil yang ikut dalam acara.

"Sedangkan untuk kegiatan bakti sosial, diadakan setiap tahun, dan itu merupakan kegiatan yang wajib," ungkap Dhanang, penasehat dalam ISC.

Untuk setiap bulannya, ISC mengadakan acara gathering bagi seluruh pengguna Starlet, baik yang tergabung dalam club ataupun tidak, yang tentu saja diurus oleh ISC. Hal ini dilakukan guna mengajak para pengguna Starlet agar berkumpul dan dapat berdiskusi tentang kendaraannya.

ISC juga pernah mendapat beberapa penghargaan, di antaranya, The Best Modifikasi pada pameran kontes mobil. Juga dari IMI, sebagai club yang masih tetap eksis dari tahun 1995 sampai sekarang.

Jumlah anggota yang tergabung dalam club ini, saat ini, ada sebanyak 250 orang. Club ini juga tidak membeda-bedakan jenis ataupun tipe mobil Starlet yang mau bergabung. Namun jika ingin bergabung, syaratnya, harus punya mobil Starlet dan ada fotocopy KTP serta STNK. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000, anggota akan mendapatkan name tag, member card dan kemeja ISC. Selain itu, dalam ISC ini tidak ada iuran bulanan, jadi hanya biaya pendaftaran itu saja."Bagi yang ingin bergabung bisa datang ke tempat ISC ini berkumpul di Jl. Pati Unus, setiap Jumat malam pukul 22.00 sampai pukul 01.00, atau hari Minggu sore di tempat yang sama, atau ikut dalam millis kami di starlet-indonesia@yahoogroup.com," tambah Dhanang.

Harapan ke masa depan, ISC akan dapat menyatukan para penggemar dan pengguna Starlet, dan tetap dapat mempertahankan keberadaan mobil Starlet di Indonesia. (RV)



 


viewed :: 1864
Berita Terkait Lainnya :