30 November 2019
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Honda Civic : Good Looking By Stance


Honda Civic milik Rendy Fattah memang layak diacungi jempol. Wah kenapa tuh bos? Ya lihat aja deh, hanya pergantian velg yang memang modifikasi utamanya membuat mata terus memandang Honda Civic yang berwarna silver ini.

"Mobil gue sebelumnya Honda Civic Estilo modifikasi mesin. Tapi karena ada aja penyakit mobil tua, jadi ganti deh. Ehh tapi malah nyesel dijual hehehe... Nah awal pakai Honda Civic ini, kok kayak om-om ya bawaannya. Makanya gue pilih aliran stance ini biar enak dilihat," ucap Rendy.

Tetapi Rendy pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar mendapatkan tampilan seperti sekarang ini pada Honda Civic-nya. "Dulu sempat pakai velg BBS untuk memadukan mobil Jepang dengan velg Eropa, tapi lama-lama bosen. Akhirnya cari velg gantinya, kebetulan ada yang nawarin model seperti ini," lanjut Rendy.

Sebagai pengganti velg sebelumnya, Rendy membulatkan tekad pilihannya kepada Enkei RPF1 yang juga berwarna silver agar seirama dengan mobilnya. Velg tersebut memiliki spesifikasi yang belang, yaitu 18x9,5 inci dengan offset 45 di bagian depan, dan 18x10 inci beroffset 38 di bagian belakang. Hmmm.. cukup lebar untuk mobil sekelas Honda Civic FD1.

Modifikasi berlanjut ke kaki-kaki yang pastinya meng-custom beberapa bagian untuk mendukung aliran stance, tentunya bagian suspensi. Pada per-nya, Rendy memakai dari 'saudaranya' yaitu All New City agar bisa masuk ke dudukan peredam kejut bawaan Honda Civic FD1 dan ditambahkan stopper.

Kemudian chamber pada semua roda diatur ulang dengan merubahnya menjadi -2,5 di bagian depan, dan -4,25 di bagian belakang. Ubahan tersebut pun kurang cukup untuk menampung velg RPF1 ini. Makanya Rendy rela melipat sedikit bagian fender-nya agar tidak bersentuhan antara velg dengan fender.

Tuh bener kan, seperti tulisan di awal kalau Honda Civic milik Rendy memang layak diacungi jempol. "Sementara ini puas, tapi rada menyiksa bawanya hehe... Kalo ketemu jalan keriting atau polisi tidur, pasti miring-miring deh, yang belakang gue palingan nonton aja, hahaha..." canda Rendy. Hehe, gapapa lah bos. Itu namanya seni...

Pertahankan Orisinalitas Kabin
Seperti bagian eksterior dan kaki-kaki, Rendy tidak mau banyak modifikasi di bagian interior. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan orisinalitas pada kabinnya. Hanya beberapa yang diganti, contohnya penambahan Audio Control & Cruise Control Switch pada setir Honda Civic ini.

Sementara bagian audio ditingkatkan kualitasnya melalui pemasangan beberapa perangkat tambahan. Tetapi Rendy tetap mempertahankan orisinalitas kabin, contohnya pergantian speaker depan dengan tetap memposisikan tweeter di tempat orisinilnya. Demikan pula kosmetik tidak terlalu mencolok di bagian bagasi Honda Civic FD1 ini.

Pasang Piggyback, Torsi Melonjak
Jika sebelumnya Rendy melakukan banyak modifikasi di bagian mesin pada Civic Estilo-nya, tapi kali ini doi hanya memasang piggyback untuk memaksimalkan perfroma mesin Honda Civic-nya. "Ini mobil matic, mesin dan transmisinya gak mendukung kalo main mesin. Jadi cukup pasang piggyback Dastek Unichip saja, lumayan torsi dari 174 Nm menjadi 202 Nm. Tenaga juga naik 143 HP menjadi 148 HP," jelasnya.

Tidak sampai disitu saja, pria berkacamata ini juga menambahkan knalpot dari Spoon Sports N1 yang khusus untuk Civic Type R. "Seneng modelnya, barangnya susah dapet. Tadinya dah bujuk teman yang pake knalpot kayak gini, tapi dia kabarin kalo di salah satu workshop ada yang jual knalpot ini. Tanpa pikir panjang langsung ambil deh. Knalpot ini pas banget di Honda Civic gue, dudukannya juga pas banget," tutupnya.

Rendy's Honda Civic FD1
Wheels & Suspension : Enkei RPF1 18x9,5" ET45 (Front), 18x10" ET38 (Rear), Achilles 215/35R18 + Accelera 215/35R18, Custom Suspension, Ultra Racing Tower Bar (Front&Rear).
Interior : Audio Control And Cruise Control Switch.
Audio : Clarion MAX686BT, Gramond Alpha 6 (Front), Nocturne NT 65 CP (Rear), Kicker Impulse 10" (2pcs), Venom V480X (2pcs).
Engine : Simota Replacement Air Filter, Spoon Sports N1, Dastek Unichip Q + Throttle Module.
Exterior : OEM Orange Side Markers, Fog Lamps.     ..... [w33]

viewed :: 17809
Berita Terkait Lainnya :