14 September 2017
TIPS MOTOR

Ban Botak, Maut Mengancam!!


Banyak para pengendara lupa merawat dan mengganti ban kendaraan mereka. Padahal bahaya akan mengancam dirinya dan orang lain.

Peringatan keras ini dikeluarkan oleh organisasi keselamatan TyreSafe setelah menerima foto
mengejutkan dari salah satu pedagang ban. Foto itu memperlihatkan satu ban rusak milik BMW Seri 3, di mana polanya (pattern) tidak ada lagi sehingga membuatnya 'impoten' ketika melintasi permukaan licin.

"Kondisi ban yang seperti ini sama saja menunggu terjadinya kecelakaan," ungkap Stuart Jackson Ketua TyreSafe. "Selama ini banyak masyarakat yang kurang memperhatikan dan memeriksa ketebalan tapak ban terutama saat musim hujan. padahal pengecekan itu apabila dilakukan tidak akan memakan waktu lama. Ini sebenarnya kewajiban bagi para pengendara yang harus dilakukan sebulan sekali agar selamat saat berkendara dalam keadaan apapun."

Inggris memiliki ukuran minimal bagi tapak ban yaitu minimal 1.6mm. Apabila tidak memenuhi
standar tersebut maka pemerintah Inggris akan memberikan hukuman dengan denda hingga hampir 50 juta rupiah. Terbukti pada 2012 lebih dari 170 pengendara per minggu yang dituntut pengadilan akibat ban rusak.

Di Inggris, pemeriksaan dapat dilakukan dengan memasukkan koin 20 peni ke dalam alur utama ban. Ketika pita luar koin terlihat, maka artinya tapak ban terlalu rendah dan ban harus diganti.

viewed :: 1890
Berita Terkait Lainnya :