09 Desember 2022
SHOWROOM MOBIL

Jeep CJ-7 Limited 1991 - Sang Pamungkas



Jika dilihat dari kalender masa edarnya, peredaran Jeep CJ-7 Limited di Indonesia stop di tahun 1988, atau setidaknya di penghujung era 1980-an. Namun kenyataannya tidak demikian. Salah satu bukti sejarah adalah jip satu ini, yang memiliki akta kelahiran 1991. Tak hanya itu, jip ini dapat dikatakan 95% masih dalam kondisi orisinal, belum tersentuh restorasi.

"Hampir semua masih orisinal seperti saat keluar dari Djakarta Motors, selaku pemegang merek Jeep di Indonesia pada saat itu," terang Adi, sang pemilik. "Kalau pun ada yang diganti partsnya, itupun hanya beberapa bagian saja," jelas pria yang menekuni dunia kontraktor ini.

"Satu-satunya parts yang tidak ada, adalah footstepnya. Sepertinya sengaja dicopot oleh pemilik sebelumnya," ungkapnya sedikit kecewa. "Namun selebihnya semua orisinal termasuk odometernya yang baru menunjukkan pada angka 70-ribuan km," sambung pria ramah ini.

Walau begitu, jip yang satu ini sering menjadi bahan perbincangan di antara pecinta Jeep CJ-7. Jika dibandingkan dengan CJ-7 limited yang banyak beredar, jip ini memiliki 'keganjilan', terutama pada transmisi 5 speednya. Biasanya Limited versi Indonesia mengadopsi T-176, transmisi 4 speed, namun pada kenyataannya jip yang satu ini telah menggunakan transmisi T-5 girboks 5 speed manual.

Perbedaan lainnya ada pada interior. Balutan kulit sintetis berwarna hitam tanpa kombinasi, dan trim yang sedikit tipis dibandingkan tipe Limited lainnya. Begitu pula dengan winchnya, termasuk tersedianya winch belakang yang tidak disertakan pada tipe Limited sebelumnya.

Menurut informasi yang dapat dipercaya, CJ-7 Limited ini merupakan seri pamungkas dari CJ-7 di Indonesia. Perbedaan spesifikasi kemungkinan disebabkan oleh ketersediaan barang saat itu. Pada masa itu, Djakarta Motors merakit jip ini dengan menggabungkan beberapa part yang masih tersedia, sekaligus memberikan sedikit upgrade. Bisa jadi, jip ini merupakan salah satu batu pijakan bagi Jeep di Indonesia, sebuah transisi diperkenalkannya Jeep YJ Wrangler pada pertengahan tahun 90-an.  [w33]

viewed :: 16992

Berita Terkait Lainnya :