29 September 2022
GARASI MOBIL

Mercedes-Benz Vison EQXX, Mobil Listrik Dengan Jarak Tempuh 1.000 Kilometer



Teknologi mobil listrik semakin hari kian berkembang. Kini sudah mencapai era di mana mobil listrik Mercedes-Benz EQXX mampu menempuh jarak hingga 1.000 kilometer dalam sekali pengisian baterai.

Ini merupakan jarak terjauh yang bisa ditempuh mobil listrik dengan sekali pengisian daya. Kemampuan ini dimiliki oleh mobil Mercedes-Benz Vision EQXX yang masih berupa prototype.

Perjalanan Mercedes-Benz Vision EQXX berlansung di beberapa kota di Eropa, mulai dari Jerman, Swiss, Italia, dan akhirnya ke kota pelabuhan Cassis dekat Marseille di Prancis Selatan.


Suhu udara selama perjalanan berkisar antara 3 hingga 18 derajat Celcius, dan kendaraan melaju dengan kecepatan rata-rata 87 kilometer per jam, seperti dilansir dari The Verge.

Jarak yang ditempuh adalah lebih dari 1.000 kilometer atau sekitar 621 mil. Jarak ini lebih dari dua kali kisaran tipikal yang dapat dilalui oleh sebagian besar EV di jalan saat ini.

Mercedes mengklaim pengisian daya Vision EQXX sebanyak 15 persen mampu memberikan jarak tempuh hingga 140 kilometer. Konsumsi daya baterai rata-rata berada di rekor terendah, yakni 8,7 kWh per 100 km.


Mercedes pertama kali memperkenalkan Vision EQXX awal tahun ini sebagai eksperimen efisiensi baterai. Diharapkan bisa menjadi pesaing mobil listrik mewah lainnya seperti Porsche Taycan, Audi E-tron GT, dan Tesla Roadster.

Keberhasilan pada pengujian di dunia nyata adalah keuntungan bagi Mercedes , yang sebelumnya mengklaim bahwa Vision EQXX akan mengkonsumsi energi pada tingkat 10 kWh per 100 km atau lebih dari 6 mil per kWh.

Pengujian tersebut didasarkan pada simulasi kondisi lalu lintas di dunia nyata. Perkiraan tes virtual Vision EQXX mengalahkan kondisi dunia nyata. 


Sumber : otomotif.sindonews.com

viewed :: 1996

Berita Terkait Lainnya :