28 September 2022
HEADLINE MOBIL

Honda S2000, Bukti Keperkasaan Mesin VTEC Honda Yang Legendaris



Sepanjang sejarah, Honda telah memproduksi sekian banyak mobil dengan perfoma mumpuni. Ini reputasi yang sudah diakui. Salah satu inovasi paling revolusioner yang pernah dihadirkan Honda adalah mesin VTEC yang fenomenal.

Beberapa model, seperti Civic Type R dan Accord Type R sukses memaksimalkan potensi mesin ini. Namun, di atas langit masih ada langit. Performa mesin VTEC mencapai puncaknya saat dibenamkan pada seri Honda S2000 yang diluncurkan pada 1999 silam.

Sebelum diproduksi massal, Honda S2000 terlebih dahulu diperkenalkan sebagai mobil konsep pada 1995. Kala itu, S2000 menjadi hasil Honda Sport Study Model yang tengah mengembangkan bodi aluminium dengan distribusi berat 50-50.

Setelah berkeliling dunia dan dipamerkan dalam berbagai pameran mobil, Honda akhirnya memutuskan untuk memproduksinya. Persisnya pada 1999, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-50. Honda tampak mencari momen yang pas.

Mengusung nama S2000, yang merupakan kelas tertinggi dari seri mobil sport Honda, mobil ini memiliki mesin VTEC 2,0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 237 daya kuda. Putaran mesin maksimal S2000 mencapai rpm 9.000, diperlengkapi dengan transmisi manual enam percepatan.


Salah satu ciri khas S2000 adalah bobotnya yang ringan, sehingga dapat bermanuver dengan lincah. Membuat pengendaranya dapat menginjak pedal gas dengan maksimal. Saking gesitnya, mobil ini sempat merepotkan para pengendara dengan kemampuan pas-pasan saat menggebernya di kecepatan maksimal.

Namun, bagi mereka yang terlatih dan bisa "menjinakkan" S2000, mobil ini akan memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa menyenangkan. Harus diakui, Honda S2000 tidak memiliki bentuk bodi yang mencolok, seperti mobil sport lainnya.

Desainnya bersih dengan lengkungan depan yang dibuat khusus untuk mengakomodasi trek yang lebar. Meski demikian, desain yang tak lekang oleh zaman tersebut justru membuat nama S2000 populer di kalangan pencinta mobil retro.

Pembaruan penting akhirnya dihadirkan pada versi 2004 dengan memasang anti-roll bar yang makin tebal untuk membuatnya makin mudah dikendarai. Beberapa penambahan kecil juga dibuat untuk mempercantik tampilan sekaligus membuatnya terlihat lebih segar.


S2000 keluaran 2004 juga hadir dengan atap yang bisa dibongkar pasang untuk sensasi berkendara maksimal di berbagai cuaca. Demi meningkatkan citra eksklusif, Honda memproduksi S2000 dengan varian edisi terbatas, yang hanya bisa dibeli di wilayah tertentu.

Type S, misalnya, hanya bisa diperoleh di negara asalnya, Jepang. Sedangkan model Club Racer hanya diproduksi untuk konsumen di Amerika. Sementara itu, konsumen di Britania Raya berkesempatan mendapatkan S2000 Edition 100 yang diluncurkan pada 2009.

Semua model S2000 Edition 100 diluncurkan dengan warna putih, sesuai dengan mobil kemenangan pertama Honda. Lengkap logo bernuansa grafis dan hitam serta interior kulit yang didominasi warna merah. Seperti namanya, model ini hanya diproduksi sebanyak 100 buah, yang menandai berakhirnya produksi S2000.

Belakangan, banyak beredar rumor mengenai suksesor S2000 di masa depan. Namun, hal ini terbentur mesin VTEC yang telah ketinggalan zaman. Mungkin, Honda sedang berniat mengembangkan mobil baru dengan mesin VTEC FK8 Type R model teranyar.



Sumber : id.motor1.com

viewed :: 11160

Berita Terkait Lainnya :