30 September 2022
SPORTS MOTOR

Fabio Quartararo Siap Kembali Ke Habitatnya Di Thailand



Fabio Quartararo berhasil memperlebar keunggulannya sebagai pemuncak MotoGP 2022, tetapi raihan di Motegi belum memuaskan. Kini, rider Monster Energy Yamaha siap meraih hasil lebih baik di Buriram.  

Finis kedelapan dalam Grand Prix Jepang akhir pekan lalu terbukti vital bagi Fabio Quartararo. Walau itu di bawah standar, El Diablo berhasil sedikit menjauh dari para pesaingnya untuk sementara ini.

Seperti diketahui, dua rivalnya dalam perburuan gelar juara dunia MotoGP musim ini, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) gagal dapat poin di Mobility Resort Motegi.

Tetapi keunggulan 18 angka masih sangat rentan mengingat ada empat balapan tersisa. Karenanya rider asal Prancis berambisi kembali ke habitatnya, yakni bersaing di barisan depan, saat MotoGP bertandang ke Thailand.

Ya, akhir pekan ini, kejuaraan bakal berlanjut di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, untuk putaran ke-17, Grand Prix Thailand, 30 September-2 Oktober. Ini kunjungan pertama MotoGP ke sana sejak 2019.

Fabio Quartararo memiliki memori bagus di Buriram pada musim debutnya bersaing di kelas premier. El Diablo sukses mengklaim pole position dan menyelesaikan GP Thailand 2019 sebagai runner-up.  

Ketika itu, ia finis di belakang sang pemenang, Marc Marquez (Repsol Honda). Sejak itu, tak ada balapan MotoGP di Sirkuit Internasional Chang akibat pandemi global virus corona sepanjang 2020-2021.

Oleh sebab itu, akhir pekan di Buriram nanti akan menjadi tantangan bagi seluruh pabrikan. Pasalnya ini adalah teritori yang belum terpetakan oleh mereka dengan aerodinamika dan ride height device.


Kendati demikian, Quartararo percaya diri mampu tampil lebih baik dibanding dalam GP Jepang karena trek di Thailand lebih cocok untuknya dan juga Yamaha M1. Ia yakin dapat bersaing di barisan depan.    

“Meninggalkan Motegi dengan keunggulan yang meningkat di kejuaraan adalah hal positif, tetapi kami harus bekerja keras akhir pekan ini karena potensi kami lebih baik daripada finis di urutan ke delapan,” ujar El Diablo dalam situs Yamaha Racing.

“Saya senang kami balapan di sirkuit Buriram selanjutnya karena itu adalah trek yang bagus bagi saya serta Yamaha. Saya berada di urutan kedua ketika terakhir kali kami berlomba di sini pada 2019.

“Yang pasti, saya akan mencoba memberikan 100 persen kemampuan saya untuk dapat kembali naik podium kali ini,” tambah pebalap yang belum lagi mencetak kemenangan sejak GP Jerman tersebut.      


Direktur Tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli pun antusias menghadapi akhir pekan MotoGP Thailand, yang menjadi bagian final dari triple-header setelah Grand Prix di Aragon serta Jepang.

“GP Thailand merupakan yang terakhir dari tiga balapan beruntun. Triple-header selalu sangat menuntut karena membutuhkan banyak energi dari tim dan pebalap, tanpa waktu istirahat,” tutur Meregalli.  

“Penting bagi kami untuk menjaga konsentrasi kami, terutama mengingat klasemen kejuaraan sangat dekat dengan empat balapan tersisa. Buriram adalah trek yang cocok dengan motor kami,” imbuhnya.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1273

Berita Terkait Lainnya :