30 September 2022
SPORTS MOTOR

Hasil FP1 MotoGP Thailand: Sempat Crash, Marc Marquez Tercepat



Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, memuncaki latihan bebas pertama MotoGP Thailand di Sirkuit International Chang, Buriram, Jumat (30/9/2022).

Sesi FP1 dibuka dengan rookie Fabio Di Giannantonio yang mencatatkan 1 menit 34,339 detik. Juara dunia bertahan Fabio Quartararo kemudian merebut posisi teratas usai membubuhkan waktu lap 1 menit 33,908 detik.

Marshal lalu mengibarkan bendera kuning karena terjadi insiden kecelakaan low side Marquez di Tikungan 3. Beruntung, The Baby Alien tak cedera serius, serta motor RC213V yang ditunggangginya juga tidak alami kerusakan.

Jelang pertengahan sesi, para penungggang Ducati mulai unjuk gigi. Karakteristik Chang benar-benar memanjakan tenaga Desmosedici GP. Ditambah kondisi trek telah mengering, setelah pagi hari sempat turun hujan.

Johann Zarco awalnya menjadi penguasa. Catatan 1 menit 31,527 detik bahkan ditingkatkannya jadi 1 menit 31,504 detik. Akan tetapi, situasi berubah cepat, ketika para pebalap mengaktifkan mode time attack pada lima menit tersisa.

Dimulai dari Di Giannantonio dan Jorge Martin yang bergantian menduduki tempat pertama. Quartararo kemudian menggebrak, dari urutan keenam melompat ke posisi puncak dengan torehan 1 menit 30,523 detik.

Itu sekaligus menjadikan El Diablo sebagai rider yang menembus dinding 1 menit 1 detik. Namun, tanpa diduga, Marquez tengah melesat kencang di belakang sang pemuncak klasemen sementara tersebut.

Unggul di sektor terakhir sirkuit, Marquez menorehkan lap time tercepat 1 menit 30,523 detik — membawanya unggul 0,032 detik atas Quartararo. Sedangkan Francesco “Pecco” Bagnaia harus puas posisi keenam.


Pilot Ducati ini cukup kesulitan mendekati akhir sesi. Walau bisa masuk enam besar, empat tingkat di bawah Quartararo tentunya bukan hal bagus. Apalagi, Bagnaia juga kalah dari rekan setim Jack Miller yang berhasil tempati P3.

Selain kejutan yang dibuat Marquez, lainnya diciptakan oleh Franco Morbidelli. Jarang tersorot hampir sepanjang kejuaraan MotoGP 2022, pebalap Yamaha itu menampilkan kinerja menjanjikan selama menjalani sesi FP1.

Franky — sapaan akrabnya — selalu masuk lima besar. Kendati merampungkan latihan bebas pertama pada urutan kedelapan, dia tidak begitu terpaut jauh dari Marquez, yakni 0,242 detik.

Cal Crutchlow juga tampil apik. Pebalap pengganti Andrea Dovizioso yang pensiun di RNF Yamaha tersebut mencatatkan waktu lap terbaik 1 menit 30,881 detik atau unggul atas Zarco-Di Giannantonio.

Bagaimana dengan Danilo Petrucci? Ditunjuk untuk menggantikan Joan Mir, Petrux yang baru pertama kali menggeber GSX-RR, membawa Suzuki ke urutan ke-22. Lap time miliknya adalah 1 menit 32,706 detik.

*Motorsport Tickets adalah bagian dari Motorsport Network yang menyediakan jasa penjualan tiket untuk beragam balapan. Beli tiket balapan hanya di Motorsport Tickets

Hasil FP1 MotoGP Thailand :

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1329

Berita Terkait Lainnya :