01 Oktober 2022
SPORTS MOBIL

Hasil FP1 F1 GP Singapura: Hamilton Tercepat, Kekuatan Relatif Merata



Lewis Hamilton tidak terbendung pada latihan bebas pertama (Free Practice 1/FP1) F1 GP Singapura yang berlangsung di sirkuit jalan raya Marina Bay, Jumat (30/9/2022) sore.

Pebalap Mercedes-AMG Petronas F1 mampu mencetak waktu lap terbaiknya dengan 1 menit 43,033 detik saat memakai ban C5 berkompon soft (setrip merah). Tiga set ban dipakai juara dunia F1 tujuh kali (2008, 2014, 2015, 2017, 2018, 2019, 2020) tersebut.

Kekuatan tim-tim elite terlihat seimbang di FP1 setelah lima pebalap dari tiga tim berbeda mampu berada di bawah Hamilton.

Waktu lap yang dibuat Hamilton memang masih jauh dari pole position terakhir GP Singapura pada 2019 yang dibuat Charles Leclerc (Scuderia Ferrari), yakni 1 menit 36,217 detik. Tetapi mobil saat itu jelas berbeda jauh dengan musim ini.

Waktu lap Hamilton di FP1 juga masih jauh dari rekor lap Marina Bay yang dibuat Kevin Magnussen (Haas) pada 2018 dengan 1 menit 41,905 detik.

Juara dunia Max Verstappen (Oracle Red Bull Racing) yang sejatinya mendominasi FP1, mengakhiri sesi di posisi kedua dengan gap 0,084 detik. Adalan Ferrari Charles Leclerc mampu berada di peringkat ketiga setelah tertinggal 0,402 detik.

Meratanya kekuatan tiga tim top terlihat dari posisi keempat sampai keenam yang diisi rekan setim tiga besar. Sergio Perez (Red Bull) berada di P4 diikuti George Russell (Mercedes) dan Carlos Sainz Jr (Ferrari) di peringkat keenam.

Sejumlah insiden juga terjadi di FP1. Salah satu yang cukup serius adalah loss power yang dialami Perez hanya beberapa menit sebelum sesi berakhir.

Pada awal-awal sesi FP1, suhu udara di Marina Bay sekira 29 derajat Celsius sedangkan permukaan trek mencapai 38 derajat Celsius. Namun, kelembaban cukup tinggi, yakni sekira 80%. Itulah mengapa kokpit para pebalap dipastikan bakal panas.

Max Verstappen langsung melesat dengan 1 menit 47,329 detik. Ia unggul sekira 0,9 detik dari rekan setimnya, Sergio Perez. Pada awal FP1, trek memang masih kotor sehingga sulit untuk membuat waktu lap bagus.

Sekira 12 menit sesi berlangsung, yellow flag muncul setelah Mercedes W13 geberan George Russell menabrak barrier di Tikungan 11. Beruntung, pebalap muda Inggris itu berhasil kembali ke lintasan lalu menuju pit.

Memasuki menit ke-20, Verstappen yang turun dengan ban C4 medium (setrip kuning) masih memimpin di kisaran 1:44 menit. Perez masih di P2 dengan gap sekira 1,6 detik. Alpine A522 milik Fernando Alonso menempel di posisi ketiga dengan gap 1,8 detik, juga dengan ban medium.

Charles Leclerc yang sempat bermasalah dengan sistem rem Ferrari F1-75 pada menit-menit awal, akhirnya masuk trek setelah sesi berlangsung separuh jalan. Pebalap asal Monako itu turun dengan ban keras (C3 hard).

Aston Martin terlihat mencoba strategi berbeda dibanding tim-tim lain karena sudah mencoba turun dengan bahan bakar tipis dan ban medium. Hasilnya, Lance Stroll mampu melesat ke P2 dengan gap 0,985 detik dari Verstappen di pertengahan sesi.

Sekira 20 menit tersisa, Perez yang sudah mengganti ban dengan soft sempat merangsek ke P1. Tetapi Verstappen kemudian melibasnya dengan unggul sekira 0,7 detik.

Alpine A522 geberan Esteban Ocon juga terlihat cepat dengan ban soft setelah tertinggal sekira 1,6 detik di P3. Stroll dan Alonso yang memakai ban medium masing-masing berada di posisi keempat dan kelima.

Tak berapa lama, red fag muncul setelah Aston Martin AMR22 geberan Stroll menyenggol barrier di Tikungan 5. Akibatnya, ban belakang kiri mobilnya mengalami kerusakan.

Hanya beberapa menit sesi dihentikan, FP1 pun berlanjut. Namun, Alonso tidak terlihat karena timnya tengah melakukan pemeriksaan terhadap gearbox.

Licinnya trek karena masih kotor juga membuat Carlos Sainz melebar di tikungan terakhir. Beruntung, Ferrari F1-75 geberannya mampu menghindari barrier.

Sekira lima menit menjelang finis FP1, Leclerc yang sudah turun dengan ban lunak merangsek ke P2. Tetapi tidak berapa lama, Mercedes W13 geberan Lewis Hamilton melesat ke P1 dengan ban soft. Ia unggul 0,084 detik atas Verstappen di posisi kedua.

Kurang dari lima menit sesi berakhir, Verstappen sempat sedikit selip di Tikungan 16. Setelah kembali ke lintasan, Verstappen di P2 bersama Hamilton dan Leclerc di posisi ketiga terlihat melakukan run untuk kualifikasi. Posisi keempat sampai keenam ditempati rekan setim masing-masing dengan Perez memimpin atas Russell dan Sainz.   

Posisi enam besar ini tidak berubah sampai sesi berdurasi 60 menit tersebut berakhir.

Hasil FP1 F1 GP Singapura :

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1239

Berita Terkait Lainnya :