01 Oktober 2022
SPORTS MOBIL

Hasil FP2 F1 GP Singapura: Kompetitif, Sainz Pimpin Ferrari 1-2



Scuderia Ferrari menguasai sesi latihan bebas (Free Practice/FP) kedua setelah Carlos Sainz dan Charles Leclerc mampu meredam para pebalap Mercedes dan Red Bull Racing.

Pada sesi FP2 yang berlangsung di sirkuit jalan raya Marina Bay, Singapura, Jumat (30/9/2022), persaingan sengit terjadi antara para pebalap Mercedes-AMG Petronas F1 dan Ferrari, utamanya Lewis Hamilton dengan Carlos Sainz.

Sainz akhirnya mampu memenangi persaingan setelah hanya butuh 1 menit 42,587 detik untuk melibas lintasan sepanjang 5,063 km tersebut. Leclerc mampu berada di P2 setelah tertinggal 0,208 detik dari rekan setimnya itu.

Hasil FP2 seolah menegaskan reputasi Ferrari sebagai tim penguasa kualifikasi F1 GP Singapura, lima kali. Leclerc sendiri menjadi pencetak pole position terakhir di Marina Bay, tiga tahun lalu (GP Singapura absen pada 2020 dan 2021 karena Covid-19).

George Russell membuktikan bila Mercedes W13 memang kompetitif di Marina Bay setelah masuk di posisi ketiga. Hamilton sendiri harus puas berada di peringkat kelima dengan gap hampir 0,6 detik dari Sainz.


Juara dunia dan pemimpin klasemen sementara Max Verstappen (Oracle Red Bull Racing) menjadi pemisah duo Mercedes dengan menempati P4. Namun, pebalap asal Belanda tersebut hanya melibas delapan lap.  

Bandingkan dengan Sainz yang melibas 23 lap, Russell 26 lap, Hamilton dengan 22 lap, dan Leclerc yang 14 lap.

Hampir 10 menit sesi berlalu, Leclerc memang belum juga terlihat turun ke lintasan. Demikian pula dengan para pebalap Red Bull.

Mercedes W13 dan Ferrari F1-75 terlihat sangat kompetitif di sirkuit jalan raya Marina Bay setelah Carlos Sainz mampu menggeser Lewis Hamilton dengan menembus 1:43,710 menit dengan ban medium.

Namun, sekira 17 menit sesi berlangsung, Hamilton merebut kembali P1 setelah unggul hanya 0,042 detik atas Sainz. Saat itu, Mercedes W13 geberan Hamilton mampu berada di P1 diikuti Sainz dengan Ferrari F1-75 dan rekan setim Hamilton, George Russell.


Duo BWT Alpine F1 Fernando Alonso dan Esteban Ocon juga terlihat cepat pada awal sesi dengan menempati P4 dan P5.

Saat Leclerc tidak juga turun sampai sekira 20 menit FP2 berlangsung, duel sengit terjadi antara Hamilton dengan Sainz. Untuk kesekian kalinya, Sainz berhasil melibas Hamilton usai meembus 1:43,231 menit.

Max Verstappen kemudian masuk trek saat hari mulai gelap dan langsung mencoba ban keras (C3 hard) untuk mencetak 1:44,645 menit di P5. Beberapa menit berselang, Leclerc ikut turun setelah para teknisi Ferrari melakukan sejumlah ubahan pada F1-75.

Masuk pertengahan sesi alias 30 menit tersisa, Red Bull RB18 milik Sergio Perez dengan ban lunak (C5 soft) masuk trek. Beberapa tim juga melakukan pergantian ban ke lunak.

Alfa Romeo C42 geberan Valtteri Bottas juga mampu cepat dengan ban C5 setelah berhasil menempati P2 saat itu. Tak berapa lama, Sergio Perez menghantam barrier saat keluar Tikungan 19. Tetapi pebalap asal Meksiko itu mampu melanjutkan sesi.

Sainz terlihat makin cepat setelah mampu lebih cepat sekira 0,6 detik atas Bottas di P2. Kendati juga sempat menyenggol pembatas, Ocon masih mampu berada di P3 saat itu.

Penundaan yang dilakukan Leclerc berbuah manis. Ia mampu melesat ke P2 dengan ban medium (C4). Tetapi, ban soft yang dipakai George Russell pada Mercedes W13 dan Ocon membuatnya mampu melewati Leclerc.

Sekira 20 menit menjelang finis, para pebalap terlihat mengganti ban dengan soft. Sainz mampu mempertajam waktu lap sedangkan Leclerc masih mampu cepat dengan medium. Duo Scuderia ini pun akhirnya mempertahankan posisi pertama dan kedua hingga finis FP2.        

Hasil FP2 F1 GP Singapura :

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1235

Berita Terkait Lainnya :