07 Desember 2022
SPORTS MOBIL

Spanyol Dicoret Dari Kalender WRC 2023, Meksiko Dan Cile Kembali



Kejuaraan Reli Dunia (WRC) mengumumkan 13 putaran untuk musim 2023 yang menampilkan kembalinya Meksiko dan Cile. Ada juga tuan rumah baru untuk reli aspal di Eropa.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, WRC telah tertarik untuk membangun kembali kalender yang lebih global mirip dengan kondisi sebelum pandemi COVID-19.

FIA telah meratifikasi jadwal 2023 usai mengalami perombakan. Sejauh ini, Arab Saudi tidak ada dalam daftar.

Mulai musim depan, akan hadir empat reli aspal dan delapan reli gravel, di samping program salju tradisional di Swedia. Balapan terdistribusi secara lebih merata, tidak seperti tahun ini, di mana ada jeda tujuh minggu antara Reli Swedia dan Kroasia.

WRC juga kembali ke Amerika Tengah dan Selatan, dengan reli gravel di Meksiko masuk lagi. Negara itu sempat dicoret ketika edisi 2020 dipersingkat karena pandemi virus corona. Meksiko akan menjadi tuan rumah putaran ketiga kejuaraan ini pada Maret setelah Monte Carlo dan Swedia.

Reli tarmac di Kroasia akan diikuti oleh reli gravel di Portugal, Sardinia, Kenya, Estonia, Finlandia, dan Yunani, yang semuanya dipertahankan.

Cile juga akan bergabung kembali di tahun keduanya setelah debut pada 2019. Reli gravel ini tadinya akan digelar pada 2020, tetapi dibatalkan karena kerusuhan politik dan sosial di negara tersebut.

Putaran Amerika Selatan akan masuk ke dalam jadwal pada September-Oktober setelah Reli Acropolis Yunani.

Reli tarmac Eropa Tengah akan berbasis di Jerman dan menjelajahi Austria dan Republik Ceko. Ini akan secara efektif menggantikan Reli Spanyol yang populer. Negeri Matador keluar dari jadwal setelah menjadi andalan sejak 1991.

Reli Belgia Ypres yang sebelumnya diplot menggantikan Reli Irlandia Utara yang gagal mendapatkan pendanaan, juga menghilang.


Reli Selandia Baru juga tidak akan kembali tahun depan setelah sempat comeback tahun ini. Saat ajang tersebut digelar lagi usai 10 tahun absen, tanggapan publik positif.

Hanya saja, penilaian baik dari pebalap dan penggemar tak cukup untuk menyelamatkan. Reli ini membutuhkan peningkatan yang signifikan dalam pendanaan Pemerintah untuk memastikannya dapat muncul setiap tahun. Diharapkan reli ini dapat kembali pada 2024.

Kejuaraan ini sekali lagi akan berakhir di trek aspal Jepang pada November. Negeri Matahari Terbit kembali untuk pertama kalinya dalam 12 tahun musim ini.

Meskipun event tersebut mendapat sorotan menyusul pelanggaran keselamatan yang serius, namun terbukti populer di kalangan tim dan penonton lokal.

Kejuaraan ini diharapkan akan kembali ke Timur Tengah dengan putaran di Arab Saudi. Namun, rencana untuk menjadi tuan rumah ditunda ke musim 2024. Terakhir kali WRC mengadakan reli berbasis gurun pada 2011, Reli Yordania.

Kalender World Rally Championship 2023 :
Monte-Carlo : 19-22 Januari
Swedia : 9-12 Februari
Meksico : 16-19 Maret
Kroasia : 20-23 April
Portugal : 11-14 Mei
Italia : 1-4 Juni
Kenya : 22-25 Juni
Estonia : 20-23 Juli
Finlandia : 3-6 Agustus
Yunani : 7-10 September
Cile : 28 September - 1 Oktober
Reli Eropa Tengah : 26-29 Oktober
Jepang : 16-19 November

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 180

Berita Terkait Lainnya :