30 September 2022
TIPS MOTOR

Pakai Lampu Rem Kedip-kedip Salah Kaprah ?



Belakangan ini sering ditemukan baik pengendara sepeda motor atau pengemudi mobil yang menggunakan lampu rem yang berkedip-kedip ala mobil balap Formula 1. Entah itu lampu rem yang aslinya dibuat berkedip-kedip atau lampu rem after market yang banyak dijual di toko aksesoris. Apakah hal ini salah kaprah?

Ketika hal ini ditanyakan ke Ahli Otomotif, Bebin Djuana, ternyata penggunaan lampu rem berkedip-kedip itu tidak salah kaprah.

"Saya pikir lampu rem berkedip itu tidak salah. Itu tidak termasuk salah kaprah, karena standar dari pabrikan ada yang sudah memberlakukan hal seperti itu," kata Bebin yang lulusan Teknik Mesin dari Universitas Trisakti pada tahun 1984.

Ia menjelaskan, yang dimaksud ada pabrikan yang sudah menerapkan teknologi lampu rem berkedip adalah, ketika lampu rem diinjak perlahan maka akan menyala biasa, tapi kalau keadaan bahaya atau emergency lampu rem itu akan menyala dengan berkedip-kedip.

"Biasanya pabrikan-pabrikan yang mementingkan teknologi dan jika memang menggunakan lampu rem after market juga sah-sah saja," katanya.     ..... (w33)

viewed :: 11695

Berita Terkait Lainnya :